Jumat, 12 April 2013

Jenis-Jenis Kartu Yu Gi Oh dan Penjelasan Permainan




Monster Card 
Normal Monster
Kartu ini tidak mempunyai efek khusus. Sering disebut sebagai vanilla, karena text yang diberikan pada kartu hanyalah sebagai pelengkap/pemanis yang tidak memiliki efek apapun. Biasanya memiliki warna dasar berwarna Kuning
Effect Monster
Berbeda dengan kartu Normal Monster, kartu ini mempunyai text yang berarti memberikan keterangan tentang efek khusus dari kartu tersebut.
Spirit Monster
Kartu ini dianggap Effect Monster, hanya saja perbedaan dari kartu lainnya saat End Phase (giliran berakhir) harus dikembalikan ke tangan dan harus di-Summon lagi supaya berada di arena.
Union Monster
Kartu ini sama seperti Effect, namun efek khususnya dapat dijadikan sebagai Equip Spell Card. Saat dijadikan Equip, efek pada kartu tersebut aktif dan jika kartu monster itu musnah, sebagai gantinya Union monster yang musnah.
Gemini Monster
Kartu tipe ini dianggap merupakan kartu monster normal tanpa efek, walau sebenarnya mempunyai efek (dengan di Normal Summon sekali lagi), saat berada di tangan, kuburan dan deck apabila belum di summon dua kali, dan akan mendapatkan efek/menjadi effect monster card sesuai dengan yang tertera di teks pada kartu tersebut setelah di summon lagi

Tuner Monster
jenis kartu baru yang diperkenalkan dalam dunia YGO 5D, kartu tipe ini adalah kartu monster, baik normal maupun effect dan merupakan bahan persyaratan yang dibutuhkan untuk memanggil Monster Synchro. Untuk memanggil Synchro, baik tuner maupun monster material harus berada dalam posisi face-up) 
Ritual Monster
kartu monster yang dipanggil dengan Ritual Spell tertentu. Kartu Ritual memerlukan pengorbanan kartu baik di field dan tangan hingga levelnya mencukupi (bisa lebih meski ada beberapa kartu yang harus pas, misalnya Demise King of Armageddon) memiliki warna biru sebagai dasarnya
Fusion Monster
Kartu hasil Fusion Summon (teknik special summon menggunakan spell card khusus fusion) satu monster dengan monster lain dari field maupun tangan. Ditaruh di Extra deck dalam keadaan face-down.
Synchro Monster
Jenis kartu baru yang diperkenalkan dalam dunia YGO 5D, kartu tipe ini mempunyai ciri pinggirannya adalah berwarna putih, ditaruh di Extra (Fusion) Deck. Monster Synchro merupakan monster yang hanya dapat di Synchro Summon dengan mengirim tuner dan 1 atau lebih monster lainnya yang bukan tuner dan harus mempunyai jumlah bintang yang sama seperti Synchro yang akan dipanggil, tidak bisa lebih atau kurang. Bisa dibilang semacam gabungan dari Fusion dan Ritual.
Exceed Monster
Kartu jenis baru yang ditampilkan di Yu Gi Oh ZEXAL. Ciri-cirinya adalah background berwarna hitam dan level monster (bintang) yang ada di kiri. Exceed Monster hanya bisa dipanggil dengan Exceed Summon .Exceed Summon memerlukan 2 atau lebih monster di arena dengan bintang yang sama sebagai Exceed Material dan 2 monster itu di overlay yaitu menaruh 2 Exceed Material tersebut di bawah kartu Exceed. Efek Kartu Exceed terfokus pada detach atau melepas Exceed Material ke Graveyard. Diantara Exceed Monster ada yang lebih spesial yaitu Number.

Dalam permainan ini pada umumnya, terdapat persyaratan menaruh kartu ke field (summon) yang mengikuti aturan bintang, di antaranya:
Monster dengan bintang 1 - 4 dapat di summon langsung ke arena tanpa membutuhkan Tribute kartu monster (Dengan catatan dalam 1 turn, hanya boleh 1x normal summon)
Monster dengan bintang 5 - 6 membutuhkan 1 buah Tribute kartu monster (menumbalkan 1 buah kartu di field)
Monster dengan bintang 7 - 8 membutuhkan 2 buah Tribute kartu monster (menumbalkan 2 buah kartu di field)
Monster dengan bintang 9 keatas membutuhkan 3 buah Tribute kartu monster (menumbalkan 3 buah kartu di field)
[sunting]Attribute
Pada sisi kanan atas terdapat sebuah bulatan yang menggambarkan Attribute monster. yang terdiri dari 6 attribute, yaitu DARK, LIGHT, FIRE, EARTH, WATER, dan WIND.
[sunting]Type
Pada penjelasan kartu bagian paling atas, terdapat tulisan yang menentukan tipe tertentu, di antara tipe tipe tersebut di antaranya:
Aqua, Beast, Beast-Warrior, Dinosaur, Dragon, Fairy, Fiend, Fish, Insect, Machine, Plant, Psychic (baru diperkenalkan di YGO 5D), Pyro, Rock, Reptile, Spellcaster, Sea-Serpent, Thunder, Warrior, Winged-Beast, Zombie, dan Divine-Beast (Divine-Beast adalah Type khusus God Cards, tidak ada dalam permainan sesungguhnya)
ATK (Attack) dan DEF (Defense)
Merupakan poin dari serangan dan pertahanan kartu monster.
Text ( Effect )
Sebuah kolom yang beisikan keterangan tentang efek khusus dari kartu tersebut. Biasanya tidak berlaku bagi Normal Monster (Kartu dengan warna kuning)
Magic Card/ Spell Card 
Kartu ini dahulunya bernama Magic. Kartu ini bisa diaktifkan secara langsung dan tidak bisa digunakan saat giliran musuh, kecuali Quick Play Spell.
Beberapa status dalam sebuah spell card di antaranya:
Normal Spell
Kartu ini hanya dapat berfungsi sekali saja dan akan menuju graveyard setelah efeknya keluar. 
Quick-Play Spell (memiliki ciri adanya tanda seperti petir)
Kartu ini bisa digunakan langsung atau ditutup dan tidak bisa digunakan sebelum melewati satu putaran (seperti Trap). Bisa diaktifkan saat berada di tangan saat putaran sendiri. Bisa dipakai saat battle phase dari tangan. - Spell Speed 2
Field Spell
Kartu ini biasanya berpengaruh pada kedua pemain. Biasanya efeknya meningkatkan ATK dan  DEFmonster di arena, dan juga memiliki eff sendiri yg menguntungkan.
Continuous Spell (memiliki ciri adanya tanda infinity)
Kartu ini biasanya selalu berada di arena saat diaktifkan dan efek akan terus terjadi berulang-ulang. Kartu ini hanya akan musnah oleh efek khusus kartu lain.
Equip Spell (memiliki ciri ada tanda +)
Kartu ini biasanya menambah ATK atau DEF dan dapat digunakan pada monster lawan. Namun saat ini banyak Equip Card dapat menjadi kartu penhancur monster. Equip ini berbeda dengan monster yang dengan efek khusus, dapat berubah menjudi equip (Union Monster)
Speed Spell
Kartu khusus untuk Riding Duel dalam animenya. Penggunaan Speed Spell didasari dengan jumlah Speed Counter. Speed Spell Tidak pernah diproduksi
Trap Card 
Widespread Ruin, Salah satu contoh kartu normal trap card dalam Yu-Gi-Oh Trading Card Game
Kartu ini hanya bisa digunakan setelah ditutup selama setidaknya 1 putaran dan bisa digunakan saat giliran musuh juga.
Beberapa status dalam kartu Trap Card di antaranya:
Normal Trap
Kartu ini hanya dapat berfungsi sekali saja dan akan menuju graveyard setelah efeknya keluar. 
Continuous Trap (memiliki ciri ada tanda infinity)
Kartu ini biasanya selalu berada di arena saat diaktifkan dan efek akan terus terjadi berulang-ulang. Kartu ini hanya akan musnah oleh efek khusus kartu lain.
Counter Trap (memiliki ciri ada tanda panah berbelok ke kiri)
Kartu ini untuk membalikan serangan atau efek dari Spell atau Trap, kartu Counter Trap hanya bisa dibalas oleh sesama Counter Trap

3 komentar:

  1. da gak cara mendapatkan "beberapa" card yang kita ingin di game Power Of chaos?

    BalasHapus
  2. Makasih Infonya gan,
    kunjungi juga gan :
    http://yugioh-area.blogspot.com/2014/11/jenis-kartu-dasar-dalam-tcg-yu-gi-oh.html

    BalasHapus